Batubulan – Tari Barong

Batubulan terletak kurang lebih 10 km dari kota Denpasar dan 17 km dari kota Gianyar. Desa Batubulan yang berbatasan dengan desa Celuk dan Singapadu mempunyai persamaan dalam hal kesenian, yaitu: seni tari, patung dan aneka ragam tabuh yang memikat hati. Dalam hal pendidikan, Batubulan tidak mau kalah dengan Denpasar. Di sini terdapat 2 sekolah bergengsi : SESRI (Sekolah Seni Rupa Indonesia ) dan SMKI (Sekolah Menengah Kerawitan Indonesia) yang akan memikat wisatawan dengan suguhan tarian dan tabuh yang artistik.

Apresiasi seninya yang terkenal adalah Tari Barong /Barong Dance dan Kecak. Tari Barong adalah pertunjukan seni paling populer dan diminati oleh wisatawan di Bali. Belum lengkaplah liburan ke Bali, sebelum menonton pertunjukan seni berkualitas ini.

Tari Barong adalah tarian khas Bali yang berasal dari khazanah kebudayaan Pra-Hindu. Tarian ini menggambarkan pertarungan antara kebajikan (dharma) dan kebatilan (adharma). Wujud kebajikan dilakonkan oleh Barong, yaitu penari dengan kostum binatang berkaki empat, sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya.

Ada beberapa jenis Tari Barong yang biasa ditampilkan di Pulau Bali, di antaranya Barong Ket, Barong Bangkal (babi), Barong Gajah, Barong Asu (anjing), Barong Brutuk, serta Barong-barongan. Namun, di antara jenis-jenis Barong tersebut yang paling sering menjadi suguhan wisata adalah Barong Ket, atau Barong Keket yang memiliki kostum dan tarian cukup lengkap.

Kostum Barong Ket umumnya menggambarkan perpaduan antara singa, harimau, dan lembu. Di badannya dihiasi dengan ornamen dari kulit, potongan-potongan kaca cermin, dan juga dilengkapi bulu-bulu dari serat daun pandan. Barong ini dimainkan oleh dua penari (juru saluk/juru bapang): satu penari mengambil posisi di depan memainkan gerak kepala dan kaki depan Barong, sementara penari kedua berada di belakang memainkan kaki belakang dan ekor Barong.

Secara sekilas, Barong Ket tidak jauh berbeda dengan Barongsai yang biasa dipertunjukkan oleh masyarakat Cina. Hanya saja, cerita yang dimainkan dalam pertunjukan ini berbeda, yaitu cerita pertarungan antara Barong dan Rangda yang dilengkapi dengan tokoh-tokoh lainnya, seperti Kera (sahabat Barong), Dewi Kunti, Sadewa (anak Dewi Kunti), serta para pengikut Rangda.


Wisatawan dapat memilih sendiri tempat-tempat wisata menarik di Bali yang ingin dikunjungi dan kami akan memberikan harga charter mobil sebagai berikut:

  • 6 Jam : Rp. 300.000 / Mobil
  • 8 Jam : Rp. 350.000 / Mobil
  • 10 Jam : Rp. 400.000 / Mobil
  • Tambahan waktu : Rp. 40.000 / Jam

Harga sudah termasuk :

  • Maksimal 5 – 6 orang dengan standar mobil Toyota Avanza / Daihatsu Xenia / Suzuki APV
  • Harga tour ini hanya berlaku untuk wisatawan yang menginap di daerah Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua, Denpasar dan Sanur. Wisatawan diluar daerah tersebut akan dikenakan biaya tambahan.
  • Harga sudah termasuk 21% pajak pemerintah & pelayanan, Mobil, Bensin, Sebotol Air Mineral dan Sopir berpengalaman.
  • Harga tour tidak termasuk tiket masuk obyek wisata dan donation (sumbangan).

NOTE :

  • TIDAK ADA BIAYA TAMBAHAN LAINYA.
  • Pemesanan lebih Awal.
  • Mengutamakan Kepuasan Konsumen.

Untuk pemesanannya silahkan hubungi kami ( Klik disini )